Program Sarjana Fakultas Ilmu Administrasi

on Selasa, 03 Maret 2009

Fakultas Ilmu Administrasi sebagai salah satu fakultas di lingkungan Universitas Hang Tuah telah melaksanakan berbagai kegiatan akademik yang mengacu pada Rencana Induk Pengembangan (RIP) dengan Pola Ilmiah Pokok (PIP) bidang kelautan (kemaritiman). Sesuai dengan disiplin ilmu administrasi, Fakultas Ilmu Administrasi mengembangkan 2 (dua) jurusan yakni Ilmu Administrasi Niaga (Business Administration) dan Ilmu Administrasi Negara (Public Administration). Masing-masing jurusan memiliki muatan lokal yang mengacu pada pola ilmiah pokok kelautan sebagai nilai tambah (competitive advantage) dan bukannya membatasi ruang gerak pengembangan ilmu itu sendiri maupun kajian-kajian administrasi dan manajerial secara aplikatif sesuai dengan tuntutan perkembangan masyarakat.

PROGRAM STUDI

Jurusan/program studi yang terdapat di lingkungan FIA UHT adalah Ilmu Administrasi Publik dan Ilmu Administrasi Bisnis, yang keduanya memiliki nilai Terakreditasi B.
Dimana Ilmu Administrasi Publik berorientasi pada pengembangan ilmu administrasi khususnya menyangkut berbagai aktifitas kepemerintahan.

Program Studi Ilmu Administrasi Publik merupakan wahana kajian teoritis dan praktis dalam perumusan, pelaksanaan dan penilaian kebijakan publik, perencanaan dan pengembangan kawasan, pengelolaan dan pembangunan pemerintahan daerah serta pengelolaan dan pengembangan pelayanan publik.

Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis berorientasi pada pengembangan ilmu administrasi khususnya menyangkut berbagai aktifitas bisnis keniagaan. Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis merupakan wahana kajian teoritis dan praktis dalam hal pemasaran, manajemen sumberdaya manusia, pengelolaan & analisis keuangan, manajemen produksi serta manajemen strategik.

Materi muatan lokal yang terdapat dalam Ilmu Administrasi Publik dan Ilmu Administrasi Bisnis ini antara lain Iptek Kelautan, Pengetahuan Pelayaran, Manajemen Kepelabuhaan, Administrasi Pajak & Kepabeanan, Manajemen Transportasi Laut (Shipping Business), serta Jasa Pengurusan Transportasi (Freight Forwarding), merupakan keunggulan komparatif dari program studi yang sama di Perguruan Tinggi lainnya.

Konsentrasi-konsentrasi yang terdapat dalam Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis antara lain :

+ Manajemen Pemasaran.
+ Manajemen Sumber Daya Manusia.
+ Manajemen Keuangan
+ Manajemen Produksi

0 komentar:

Posting Komentar